teater dan Kesenian tradisi

Bendera Setengah Tiang, Teater Langkah
 Banyaknya, fenomena yang terjadi di negeri kita, menjadikan merah putih tak berarti lagi. sia-sia rasanya melihat perjuangan pahlawanku melawan penjajah, hingga kini berkibarnya bendera merah putih hanya sebagai momentum sederhana, jika melihat ke belakang, apakah masih ada rasa untuk kita tertawa ? tersenyum dan bercanda gulat ? hanya air mata yang menjadi bukti pejuangan ini ... sebab generasi baru ku, hanya mendengar tanpa mengetahuinya.

"kini berjuanglah kalian melawan sulitnya bangsa kalian"
Randai, kesenian tradisi Minangkabau





masih bersaing di era modern, salah satu kesenian tradisional, randai masih menjadi perbincangan dan pertunjukkan yang hangat untuk di saksikan, apakah kesenian yang menjadi simbol daerah Minangkabau ini hilang di telan bumi ? itu sema tergantung tanggung jawab kita pada warisan kebudayaan nenek moyang !!!
Randai, kesenian tradisional Minangkabau

Silat, Kesenian Minangkabau
 Silek Minangkabau atau (bahasa Indonesia: silat Minangkabau) adalah seni beladiri yang dimiliki oleh masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Masyarakat Minangkabau memiliki tabiat suka merantau semenjak beratus-ratus tahun yang lampau. Untuk merantau tentu saja mereka harus memiliki bekal yang cukup dalam menjaga diri dari hal-hal terburuk selama di perjalanan atau di rantau, misalnya diserang atau dirampok orang. Di samping sebagai bekal untuk merantau, silek penting untuk pertahanan nagari terhadap ancaman dari luar.
 Di Minangkabau, kesenian merupakan pamenan urang mudo (permainan anak muda)pertunjukan kesenian yang merangkum semua jenis kesenian ialah randai. sebuah kesenian tradisi yang sejak lama sudah ada


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSTAGRAM FEED

@pesonamata